Metode Pengumpulan Data: Dari Survei hingga Storyboards

Pendahuluan

Dalam dunia penelitian dan pengembangan, berbagai metode digunakan untuk mengumpulkan data dan menggali informasi yang akurat. Beberapa teknik yang umum digunakan meliputi survei, focus group discussion, workshop, dan brainstorming. Selain itu, pendekatan seperti Joint Application Development (JAD), wawancara, dan storyboards juga memainkan peran penting dalam proses analisis dan pengambilan keputusan. Dalam artikel ini, kita akan membahas masing-masing metode tersebut secara mendalam, serta bagaimana penerapannya dalam berbagai bidang. Berikut adalah beberapa metode beserta pengertiannya:

1. Survei

Survei adalah suatu cara pengumpulan informasi/data dengan metode menanyakan beberapa pertanyaan kepada beberapa pihak yang kemudian akan di analisa sampai dapat diambil kepastian data, yang salah satu jenis survei adalah melalui pertanyaan pada kuisioner. Survei sering digunakan dalam penelitian kuantitatif untuk mengukur opini, preferensi, atau perilaku masyarakat.

2. Focus Group Discussion

FGD adalah suatu metode  pengumpulan informasi melalui diskusi yang dilakukan sekelompok orang untuk mendiskusikan suatu topik tertentu. Metode ini berguna untuk menggali opini, persepsi, dan pengalaman dalam suatu kelompok sosial.

3. Workshop 

Workshop adalah Teknik Pengumpulan data dengan gabungan antara teori dan praktek, yang dengan beberapa orang ahli dikumpulkan untuk membicarakan suatu masalah dan melakukan pengajaran kepada pihak peserta. Metode ini sering digunakan dalam penelitian tindakan.

4. Joint Application Development

JAD adalah suatu metode pengumpulan informasi yang menghasilkan sistem terlalu rinci, yang dilakukan dengan cara memahami kebutuhan dan syarat dalam pembangunan suatu sistem. Metode ini meningkatkan kolaborasi antara pengembang dan pengguna.

5. Brainstorming 

Brainstorming adalah metode dalam mendapatkan hasil yang terbaik dengan cara mengumpulkan pemikiran dari berbagai pihak yang berkonstribusi yang kemudian dari seluruh pemikiran tersebut akan dipilih yang terbaik dalam menyelesaikan masalah yang ada.

6. Interview

Interview adalah metode dengan wawancara atau melalui tanya jawab kepada semua pihak yang terlibat dengan guna mendapatkan informasi terkait pendapat dan kenyataan yang sebenarnya dari sistem yang ada. 

7. Storyboards

Storyboard adalah metode belajar yang diterapkan dengan memanfaatkan visual guna memudahkan dalam pembuatan setiap adegan secara sesuai dengan kebutuhan suatu software.

Kesimpulan

Metode pengumpulan data sangat beragam dan memiliki karakteristik unik sesuai dengan tujuan penggunaannya. Pemilihan metode yang tepat dapat meningkatkan kualitas informasi yang diperoleh serta membantu dalam pengambilan keputusan yang lebih akurat.


Referensi:

Aldisa, R. T., Alfarisi, S., & Furqon, M. (2022). Penerapan Metode Joint Application Design (JAD) dalam Pengembangan Sistem Informasi Penjualan Jaket Hoodie Berbasis Website. JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA6(1), 180. https://doi.org/10.30865/mib.v6i1.3438

Dan, K., Dalam, R., Pembelajaran, T., Firdaus, S., & Hamdu, G. (2020). JINOTEP (Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran) Article History CORE View metadata, citation and similar papers at core.ac.uk provided by Portal Jurnal Elektronik Universitas Negeri Malang. JINOTEP7(2), 66–75. https://doi.org/10.17977/um031v7i22020p066

Dhaifullah, I. R., Muttanifudin, M., Salsabila, A. A., & Yakin, M. A. (2022). Survei Teknik Pengujian Software. In JACIS : Journal Automation Computer Information System (Vol. 2, Issue 1).

Hamid Arribathi, A. (n.d.). PERANCANGAN APLIKASI SMART SEMINAR DAN WORKSHOP BERBASIS WEBSITE.

Mahananto, F., Wahyu, E., Darmaningrat, T., Shifia, A., Arif, N., Rully, W., Hendrawan, A., Syaiful, A., Rini, S., & Sekretariat, E. (n.d.). Pimpinan Redaksi Dewan Redaksi Tata Pelaksana Usaha.

Pradana, A. G., & Nita, S. (n.d.). Rancang Bangun Game Edukasi “AMUDRA”Alat Musik Daerah Berbasis Android.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Metodologi Pengembangan Perangkat Lunak Model Proses Agile: Extreme Programming, Scrum, Kanban, Lean, Addaptive Innovation

Mengembangkan Perangkat Lunak dengan Metode DSDM: Analisis Dua Artikel